penggunaan media kartu kuartet dalam pembelajaran

Media sebagai salah satu alatbantu dalam pembelajaran agar berhasil dalam menyampaikan informasi kepada siswa. Kita telah cukup mengenal banyak media. Media yang efektifuntuk meningkatkan keceerdasan anak dapat ditampilkan dalam beberapa bentuk, diantaranya buku, poster, pazel, carta,juga dapat digunakan berupa kartu kuartet.
Media kartu kuartet dapat digunakan sebagai alat bermain sambil belajar secara berkelompok. Anak-anak biasa mengenal kata-kata dan bentuk dari kartu kuartet. Media kartu kuartet yang digunakan oleh penulis merupakan modifikasi dari mainan anak yang dibuat dari film kartut yang sering mereka anak-anak gunakan. Penulis berkeinginan media kartu kuartet yang digunakan dengan berisikan pelajaran dapat membantu para siswa untuk membaca anau mengenal pelajaran yang akan mereka pelajari dengan penyajian yang menarik dan mudah diingat, serta dapat membantu siswa untuk bersosialisasi dengan teman yang lainnya karena kartu kuartet ini harus dimainkan minimal oleh dua orang anak.
Penggunaan media kartu kuartet ini telah penulis teliti sangat bermanfaat sekali, terutama bagi Siswa SMP Terpadu yang peneliti ambil datanya berupa penelitian tindakan kelas.
Peneliti mengambil data dari SMP Terpadu Baiturrahman, karena berdasarkan latarbelakang sekolah mereka dipadati dengan aktivitas kegiatan dan jumlah pelajaran yang cukup padat, sehingga siswa merasa kurang untuk mempersiapkan pelajaran dengan membaca terlebih dahulu. Namun dengan menggunakan kartu kuartet yang diberikan penulis kepada siswa, mereka dapat mengenal terlebih dahulu judul dan materi yang akan mereka terima di keesokan harinya dengan cara bermain sambil belajar. Sehingga Pengetahuan awal mereka telah mereka miliki sebelum pembelajaran di kelas yang akan diterima di dalam kelas, karena mereka telah memainkan kartu kuartet sehari sebelum pelajaran tersebut diterima.

Komentar

  1. Costs of Titanium Hockey: The Ultimate Guide to Hockey for
    The only ice hockey game using titanium hockey titanium studs is in titanium damascus knives the 2017 ford fusion energi titanium NHL and is played titanium coating in virtual reality. This ice hockey game is a great micro titanium trim game that is played in

    BalasHapus

Posting Komentar