PROPOSAL

PENERAPAN 3R (REDUCE, REUSE DAN RECYCLE) DALAM MENGATASI PENCEMARAN SAMPAH UNTUK MENINGKATKAN HARD SKILL DAN LIFE SKILL SISWA SMP PLUS AL-AMANAH PUTRA

Proposal ini diajukan untuk mengikuti lomba guru kreatif 2010 yang diadakan oleh UNIKA-MARIMAS PEDULI.                            

OLEH :

Hati Nurahayu, S.Pd

NUPTK.213375865930003


 

YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM AL-AMANAH

SMP PLUS AL-AMANAH

JL. Cibogo Indah Ds. Cangkuang Kulon Kec. Dayeuhkolot

2010

HALAMAN PENGESAHAN

  1. Judul Penelitian

Penerapan 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle)
Dalam Mengatasi Pencemaran Sampah Untuk Meningkatkan Hard Skill dan Life Skill siswa SMP Plus Al-Amanah Putra

  1. Ketua Peneliti
    1. Nama
    2. Tempat/Tanggal Lahir
    3. Jenis Kelamin
    4. NUPTK
    5. Jabatan
    6. Sekolah
    7. Alamat Sekolah


 

No Telepon

  1. Alamat Rumah


     

    Nomor Telepon/HP

    Email


 

Hati Nurahayu, S.Pd

Bandung, 01 Agustus 1980

Perempuan

213375865930003

Guru Mata Pelajaran IPA

SMP PLUS AL-AMANAH

Jl. Cibogo Indah Cangkuang Kulon Dayeuhkolot

022- 5411308

BTN Cibolerang Samping Blok A-36 Bandung 40224

022-91201107

Hatinurahayu@gmail.com

  1. Anggota
  1. David Arianto, ST
  2. Yoyo Sudoyo, S.Th.I
  1. Lama Penelitian

Satu bulan dari tanggal satu hingga 30 0ktober 2010

  1. Biaya yang diperlukan

Rp. 10.000.000,-

                     Bandung 22 Juli 2010

Mengetahui

Kepala Sekolah SMP PLUS Al-Amanah        Ketua Peneliti,


 


 

Supriatna, S.Pd                 Hati Nurahayu S.Pd

NIPY. 200405 NUPTK.
213375865930003


 


 

PENERAPAN 3R (REDUCE, REUSE DAN RECYCLE) DALAM MENGATASI PENCEMARAN SAMPAH UNTUK MENINGKATKAN HARD SKILL DAN LIFE SKILL SISWA SMP PLUS AL-AMANAH

  1. Latar Belakang

Peningkatan mutu pendidikan dapat kita capai melalui beberapa cara, antara lain: melalui peningkatan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan lainnya, pelatihan dan pendidikan, atau dengan memberikan kesempatan untuk menyelesaikan masalah-masalah pembelajaran dan non pembelajaran secara professional melauli penelitian tindakan kelas secara terkendali.

    Pendidikan memegang peranan penting dalam tata kelola kehidupan bermasyarakat dan peningkatan kualitas generasi bangsa dan masa depan. Upaya meningkatkan kreativitas guru banyak dilakukan oleh instant tertentu seperti lomba Guru Kreatif yang diadakan oleh Unika yang bekerjasama dengan Marimas Peduli yang diharapkan guru dapat membimbing siswa untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan kemampuan dari sisi keilmuan (hard skill) serta sisi kemasyarakatan (soft skill), sehingga dapat menciptakan penerus bangsa yang memiliki jiwa sosial.

    Kepadatan penduduk yang tidak merata di Indonesia dapat mempengaruhi kualitas penduduknya. Pada tahun 2010 sekarang banyak berita diberbagai media elektronik maupun media cetak terjadi bencana di berbagai daerah baik berupa gempa maupun banjir. Hal itu kita alami karena merupakan salah satu gejala alam, namun kita perlu menyadari manusia sebagai salah satu penyebab terjadinya bencana alam.

Terjadinya banjir rata-rata didaerah yang padat penduduknya, seperti Jakarta dan Bandung. Aktifitas manusia setiap harinya menghasilkan sampah. Dari penelitian terbukti bahwa manusia yang tinggal diperkotaan menghasilkan sampah lebih banyak daripada diperdesaan. Diperkuat dengan adanya fakta saat ini hampir semua pemerintah kota besar di Indonesia sedang mengalami kesulitan dalam pengelolaan sampah yang dihasilkan oleh warga kotanya.

Kota Bandung, memproduksi sampah sebanyak 7.500 m3, sehingga dibutuhkan luasan lahan 1.500 m2 hingga 1.900 m2 untuk menampungnya. Dengan kondisi ini perlulah kita sadari pada diri sendiri : relakah lingkungan kita berdekatan dengan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, bagaimana dengan anak dan cucu kita mendapatkan udara dan tanah yang sudah tercemar dengan sampah?.

Masalah sampah ini tidaklah hanya kepada pemerintah yang harus bertanggung jawab, sebagai warga kota alangkah bijaknya membantu pemerintah dalam menanggulangi sampah mulai dari diri kita sendiri dengan menerapkan 3R (Reduce, Reuse, Recycling) dalam keseharian kita.

Penerapan Konsep 3R, yaitu Reduce (mengurangi volume), Reuse (menggunakan kembali) dan Recycle (mendaur ulang) dapat membantu dan bersifat melengkapi atau menyempurnakannya sehingga diperoleh hasil yang optimal. Dengan kombinasi 3 R ini maka paradigma pengelolaan sampah dapat berkembang menjadi: 1). Minimalkan; 2)kumpulkan; 3) pilah-pilah; 4) olah; 5) angkut dan buang sisanya. Langkah 1), 3), dan 4) merupakan implementasi dari konsep 3R, sedangkan langkah 2) dan 5) merupakan implementasi dari konsep lama

Yayasan Al-Amanah Putera beralamatkan Jl. Cibogo Indah Cangkuang Kulon Dayeuhkolot Bandung, tempat penulis mengajar terdapat jenjang pendidikan mulai dari TK, SD, SMP, dan SMK. Dan yayasan ini memiliki kegiatan boarding sehingga banyak santri yang tinggal diasrama.

Kita dapat memperkirakan jumlah sampah yang akan dihasilkan di setiap harinya yang disumbangkan dari berbagai jenjang pendidikan tersebut. Dengan kondisi lokasi sekolah berdekatan dengan sungai Citarum Bandung bukanlah tidak mungkin akan terkena bencana banjir yang sering melanda daerah Baleendah. Sebagai generasi pecinta lingkungan dan pendidik kita harus memberikan pemahaman dan kesadaran kepada siswa betapa pentingnya menerapkan 3R dalam keseharian kita sebelum terlambat. Jadikan 3R semboyan hidup kita tanda cinta terhadap lingkungan. Guru memiliki kewajiban menciptakan siswa yang berhasil selama proses pembelajaran untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan kemampuan dari sisi keilmuan (hard skill) serta sisi kemasyarakatan (soft skill).

Penulis sebagai guru bidang IPA dan PLH telah memberikan materi mengatasi pencemaran lingkungan pada siswa kelas VII. Dalam hal ini tidaklah cukup hanya memberikan materi dengan teori-teori berdasarkan kejadian yang telah dialami. Namun bagaimana menerapkan kepada siswa untuk mengatasinya dengan menggerakkan dan menyadarkan siswa agar mulai mengkampanyekan semboyan 3R dalam kesehariannya sebelum terlambat menyelamatkan lingkungannya.

Dalam hal ini penulis berupaya memberikan pengabdian untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan kemampuan dari sisi keilmuan (hard skill) serta sisi kemasyarakatan (soft skill) dengan menerapkan 3R dalam mengatasi pencemaran sampah. Dari sisi keilmuan (hard skill) siswa akan diberikan pemahaman pencemaran sampah melalui penyuluhan agar sadar dan cinta lingkungan mulai dari membersihkan kelas sebelum belajar dan memilah sampah bada tempat yang berbeda. Dari sisi kemasyarakatan (soft skill) siswa diberikan pelatihan berupa keterampilan mengolah sampah menjadi lebih bermanfaat dan bernilai. Dari segi kemandirian siswa dapat berwirausaha dengan menghasilkan karya seni dari kreativitas tangan mereka dengan bahan dari sampah yang selama ini dianggap tidak bernilai.

Dalam melaksanakan penelitian ini tidaklah lepas dari hambatan moral dan dana. Semoga hambatan yang dihadapi dapat diatasi dengan kesungguhan penulis beserta tim dan siswa SMP Plus Al-amanah dapat tercapai.

  1. Tujuan

Tujuan dari kegiatan atau penelitian yang akan penulis laksanakan, yaitu :

  1. Memberikan pemahaman, kesadaran dan rasa cinta terhadap lingkungan.
  2. Memberikan keterampilan kepada siswa dalam mengolah sampah menjadi beberapa produk yang lebih bermanfaat.
  3. Melatih kesabaran dalam menghasilkan suatu karya
  4. Menumbuhkan kemandirian siswa dengan berwirausaha dari karya yang mereka hasilkan dari bahan yang mereka anggap tidak bernilai (sampah).


     

    1. Manfaat

Dalam kegiatan ini akan memberikan banyak manfaat baik bagi siswa, guru, maupun sekolah :

Siswa :

  1. Siswa memiliki pemahaman, menyadari dan mencintai lingkungan mulai dengan menerapkan 3 R pada sampah.

b. Siswa memiliki keahlian dalam mengolah sampah dari bahan organik menjadi bio arang dan kompos, serta bahan an organik menjadi karya kreasi unik dan daur ulang kertas yang bernilai.

  1. Memiliki kemandirian dan kesabaran dengan kegiatan wirausaha dari bahan yang ada di lingkungan mereka.

Guru :

a. Memberikan pembelajaran yang berhasil dengan hard skill dan soft skill yang dimiliki siswa.

b. Termotivasi meningkatkan kembali upaya menjadi guru yang kreatif bagi siswanya.

Sekolah :

  1. Program upaya sekolah untuk memberikan hard skill dan soft skill kepada siswa dalam pendidikan PLH dapat tercapai dari kinerja guru yang bersungguh-sungguh.
  2. Memberikan aktivitas bagi siswa yang boarding untuk berkreasi dan menghasilkan karya yang bernilai sehingga siswa atau santri tidak jenuh tinggal di asrama.
  3. Memiliki alat pengolahan bahan organik dan anorganik sederhana untuk kegiatan ekstrakurikuler pendidikan Lingkungan hidup mengatasi pencemaran sampah.


     

    1. Rencana Kegiatan
    2. Tempat pelaksanaan : SMP Plus Al-Amanah Putra

      Alamat Jl. Cibogo Indah Cangkuang Kulon Dayeuhkolot Bandung.

2. Waktu Pelaksanaan : Bulan Oktober dari tanggal 1-30 oktober 2010.

3. Person yang dilibatkan ,

a. Guru sebanyak 3 Orang sebagai pembimbing, yaitu :

1). Hati Nurahayu, S.Pd, sebagai ketua peneliti, penemu Ide untuk pengabdian bagi sekolah, pembimbing dan pelaksana selama kegiatan, yang akan bertanggung jawab dalam mengolah daur ulang kertas dan membimbing siswa dalam mengolah pembuatan bio arang.

2). Yoyo Sudoyo, S.Th.I, yang akan membimbing siswa untuk mengolah sampah dari bahan plastik menjadi karya unik.

3). David Arianto, ST yang akan membimbing siswa dalam pembuatan kompos dari sampah organik.

b. Siswa sebanyak empat kelas,

No

Kelas

Jumlah siswa

Pembagian kelompok

1

7A

38 siswa

  1. Bio Arang (6 orang)
  2. Kompos (6 orang)
  3. Daur Ulang kertas (6 orang)
  4. Sampah Plastik (8 orang)

2

7B

35 siswa

  1. Bio Arang (6 orang)
  2. Kompos (6 orang)
  3. Daur Ulang Kertas (5 orang)
  4. Sampah Plastik (6 orang)

3

8

22 Siswa

  1. Bio Arang (6 orang)
  2. Kompos (5 orang)
  3. Daur Ulang Kertas (6 orang)
  4. Sampah Plastik (5 orang)

4

9

  1. Siswa
  1. Bio Arang (6 orang)
  1. Kompos (5 orang)
  1. Daur Ulang Kertas (6 orang)
    1. Sampah Plastik (5 orang)

        Setiap kelompok pengolahan sampah yang telah ditentukan akan memasuki kelas pengolahan sampah tersendiri yaitu kelas: I. Bio arang (24 orang siswa dari kelas I, II, dan III); II. Kompos ( 22 orang siswa dari kelas I, II,dan III); III. Daur Ulang Kertas (23 orang siswa dari kelas I, II, dan III); IV. Sampah Plastik (24 orang siswa dari kelas I, II dan III).

Dari pengelompokkan tersebut sengaja peneliti kelompokkan menjadi beberapa kelompok dari setiap kelas agar mereka dapat memberitahukan kepada masing-masing kelasnya bagaimana cara mengolah sampah yang telah mereka pelajari.

c. Penilai proses dan hasil karya siswa;

Kepala Sekolah SMP Plus Al-Amanah Bapak Supriatna, S.Pd dan Wakasek Kurikulum David Arianto, ST, yang akan menilai siswa mulai dari proses, presentasi siswa dan hasil karya yang telah mereka buat.


 


 


 


 


 


 


 

Alur Kegiatan


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

  1. Jadwal Kegiatan

No

Rencana Kegiatan

Minggu ke-

Agustus

September

Oktober

November

1

2

3

4

1

2

3

4

5

1

2

3

4

1

2

3

4

1

Pengajuan Proposal

X

                

2

Menunggu Hasil Seleksi Proposal

 

X

X

X

             

3

Persiapan

    

X

X

X

          

4

Pelaksanaan Siklus I

       

X

X

X

       

5

Pelaksanaan Siklus II

          

X

      

6

Pelaksanaan Siklus II

           

X

     

7

Pengolahan Data

            

X

    

8

Penyusunan Laporan

            

X

X

   

9

Seminar

              

X

X

 

10

Penulisan Artikel

               

X

X

11

Penyerahan Artikel

                

X


 


 


 


 

  1. Anggaran Kegiatan

No

Anggaran

Volume

Perkiraan Biaya

Jumlah

1

Honorarium Ketua dan Anggota Peneliti

1 Tim

Rp.3000.000

Rp. 3000.000,-

2

Biaya Operasional Kegiatan Penelitian :

  1. Proses Reduce dan Reuse
    1. Tong Sampah @ Rp. 80.000,-
    2. Kresek sampah besar @ Rp. 50.000,-
  2. Proses Recycle
  1. Alat dan Bahan Daur ulang Kertas:
    1. Screen ukuran sedang @ Rp. 50.000,-
    2. Blander Nasional @Rp. 350.000,-
    3. Waskom Besar @ Rp. 70.000,-
    4. Ember @ Rp. 25.000,-
    5. Lem PVC @ Rp. 35.000,-
    6. Gayung @ Rp. 15.000,-
    7. Plastik ukuran 1Kg @ 5000
    1. Alat dan Bahan Bio Arang:
      1. Tong Besar @Rp 100.000,-
      2. Pembuatan tungku @Rp 50.000,-
      3. Minyak tanah @ Rp. 8000,-
      4. Alu @Rp. 30.000,-
      5. Tepung Kanji @ Rp. 3500,-
      6. Seng @Rp. 25.000,-
      7. Gunting Seng @Rp. 50.000,-
      8. Kawat @ Rp. 3000,-
      9. Keranjang @ Rp 30.000,-
      10. Plasik ukuran 1 kg @ 5000
  2. Kerajinan plastik & kaleng
    1. Cat warna warni @ Rp 12.500/0.25 kg
    2. Koas ukuran sedang @Rp. 5000,-
    3. Koas ukuran kecil @Rp. 3000,-
    4. Kain fanel warna warni@ 2000,-
    5. Benang Sulam warna warni @Rp. 1500,-
    6. Jarum @Rp. 2500,-
    7. Lem UHU @ 10.000
  1. Pengolahan kompos
    1. Drum Plastik @ 120.000,-
    2. Kapur (dolomide) @ 10.000,-/Kg
    3. Pasir @ 15.000,-/karung
    4. Plastik untuk pengepakan @ 5000,-/bks.
    5. Sekop @ Rp. 25.000,-
    6. Timbangan duduk @ 100.000,-


 


 


 

12 buah

2 Rol


 


 


 

4 buah


 

1 buah

1 buah

2 buah

2 Kg

2 buah

3 bungkus


 

1 buah

1 buah

2 Liter

2 buah

10 Kg

10 meter

1 buah

10 meter

5 buah

3 bks


 

5 buah


 

5 buah

8 buah

20 lembar

10 gulung


 

2 buah

5 buah


 


 

4 buah

5 Kg

2 karung

5 bungkus

4 buah

1 buah


 


 


 

Rp. 960.000,-

Rp. 100.000,-


 


 


 

Rp. 200.000,-


 

Rp. 350.000,-

Rp. 70.000,-

Rp. 50.000,-

Rp. 70.000,-

Rp. 30.000,-

Rp. 15.000,-


 

Rp. 100.000,-

Rp. 50.000,-

Rp. 16.000.-

Rp. 60.000,-

Rp. 35.000,-

Rp. 250.000,-

Rp. 50.000,-

Rp. 50.000,-

Rp. 30.000,-

Rp. 15.000,-


 

Rp. 75.000,-


 

Rp. 25.000,-

Rp. 240.000,-

Rp. 40.000,-

Rp. 15.000,-


 

Rp. 15.000,-

Rp. 50.000,-


 


 

Rp. 480.000,-

Rp. 50.000,-

Rp. 30.000,-

Rp. 25.000,-

Rp. 100.000,-

Rp. 100.000,-


 


 


 


 

Rp. 1.060.000,-


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Rp. 785.000,-


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Rp. 631.000,-


 


 


 


 


 


 


 


 


 

Rp. 460.000,-


 


 


 


 


 


 


 

Rp. 785.000,-

3.

Alat tulis dan dokumentasi

  1. Poster untuk tiga siklus

    @ Rp. 100.000,-

  1. Format Penilaian
    1. Angket 107 siswa @Rp 150,-

      Sebelum kegiatan dan sesudah kegiatan

    2. Tes pemahaman siswa @Rp 150

      3 siklus 107 siswa X 3 siklus

    3. Observasi kinerja siswa dan ketercapaian guru dalam membimbing siswa @ 150,-
    1. Dokumentasi
      1. Cetak digital
      2. Kaset Video
      1. Pengeluaran lain
        1. Pembuatan Proposal
        2. Penggandaan Proposal
        3. Pembuatan Laporan
        4. Penggandaan Laporan
        5. Pembuatan Jurnal


 


 

3 buah


 

214 lbr


 

321 lbr


 

50 lbr


 


 


 

60 lembar

1 buah


 

1 eksp

3 eksp

1 eksp

3 eksp

1 kali


 


 

Rp. 150.000,-


 

Rp 32.100,-


 

Rp. 48.150,-


 

Rp 75.000,-


 


 


 

Rp. 100.000,-

Rp. 25.000,-


 

Rp. 100.000,-

Rp 50.000,-

Rp. 100.000,-

Rp 50.000,-

Rp. 150.000,-


 


 

Rp. 150.000


 


 


 


 


 

Rp. 385.650,-


 


 


 


 

Rp 125.000,-


 


 


 


 


 

Rp. 450.000,-

4

Konsumsi

  1. Siswa 107 siswa X @ Rp. 2000,- X 3 siklus
  2. Guru dan penilai kegiatan 6 orang X @ Rp, 10.000 X 3 siklus


 

321 bks


 

18 bks


 

Rp. 642.000,-


 

Rp. 180.000,-


 


 


 

Rp. 822.000,-

5

Penghargaan bagi siswa bagi yang kreatif

  1. Daur Ulang kertas
  2. Bio Arang
  3. Sampah plastik
  4. Kompos


 

3 pmng

3 pmng

  1. pmng

3 Pmng


 

Rp. 200.000,-

Rp. 200.000,-

Rp. 200.000,-

Rp. 200.000,-


 


 


 


 

Rp. 800.000,-

6

Pengeluaran tidak terduga

  

Rp. 637.350,-

Jumlah Biaya

Rp. 10.000.000,-

  1. Target yang diharapkan

Dari kegiatan yang telah guru susun dan rencanakan besar sekali dapat :

  1. Ada kerjasama yang baik dengan tim dan siswa dalam melaksanakan kegiatan.
  2. Ada peningkatan pemahaman mengenai lingkungan mereka melalui tes yang dilakukan sebelum dan sesudah kegiatan setiap siklus dibantu dengan media poster yang dipasang sebelum kegiatan.
  3. Mengetahui kesadaran yang dimiliki siswa dan rasa cinta lingkungan dari angket yang diperoleh.
  4. Siswa memiliki kreativitas dan keterampilan dalam mendaur ulang sampah menjadi lebih bermanfaat,
  1. Melatih kemandirian dan kesabaran siswa dalam mengolah sampah dan mengadakan pameran dari karya mereka kepada jenjang pendidikan lain yang berada di Yayasan Al-Amanah yaitu, TK, SD, SMP, dan SMK.
  2. Sekolah memiliki peralatan untuk mendaur ulang dan mengolah sampah.


     


    RIWAYAT HIDUP

    Nama             : Hati Nurahayu, S.Pd

    Tempat/Tanggal Lahir     : Bandung, 01 Agustus 1980

    Alamat : BTN Cibolerang samping Blok A 36 Bandung 40224 Jawa Barat

    Telp. 022 91201107/ 081 7613167

    Riwayat Pendidikan :

    1. SDN Margahayu Utara III Tahun 1986-1992
    2. MTsN I Bandung Tahun 1992-1995
    3. MAN I Bandung Tahun 1995-1998
    4. UPI Fakultas MIPA Jurusan Pendidikan Biologio Tahun 1998-2004

    Pengalaman Mengajar :

    1. SMP TERPADU BAITURRAHMAN Tahun 2003-2007
    2. SMP PLUS Al-Amanah Tahun 2007- sekarang

    Pelatihan yang pernah diikuti :

    1 . Spesialisasi Guru Kimia SMP Provinsi Jawa Barat tahun 2007, di PPPPTK IPA JABAR

    Seminar yang pernah diikuti :

    1. International Seminar Of Science Education di UPI 27 Oktober 2007, sebagai peserta.
    2. Forum Ilmiah Guru Tahun 2006 "Science Around Us" di LPMP JABAR , 11 Desember 2006.Sebagai peserta.
    3. Forum Ilmiah Guru Tahun 2006 "Sertifikasi guru : Harapan dan Realita" di LPMP JABAR, 13 Desember 2006, sebagai peserta.
    4. International Confrence on Science Education 2007, at SEDEC Bandung-Indonesia, di PPPPTK IPA JABAR , 28November-4 Desember 2007, sebagai pemakalah (Presenter).

    Penelitian yang telah dilakukan :

    1. Implementasi Diskusi Saling ketergantungan yang dikaitkan dengan Kajian Ayat Suci Al-Qur'an Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Terpadu Baiturrahman. Diseminarkan di Internasional Confrence Of Science Education SEDEC, Tahun 2008 di PPPPTK IPA.
    2. Pemberitahuan Pengetahuan Awal Siswa dengan Menggunakan Media Kartu Kuartet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Terpadu Baiturrahman, didanai oleh Dana Block Grant Guru PMPTK Tahun 2008

      Penulis,


     


     

    Hati Nurahayu, S.Pd

    NUPTK. 213375865930003

Komentar