KSE, Kompetensi Sosial dan Emosional, Modul 2.2


Urgensi Pembelajaran Sosial dan Emosional untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman agar seluruh individu di sekolah dapat meningkatkan kompetensi akademik dan kesejahteraan psikologis (well-being) secara optimal. 2. Penjelasan tentang Pembelajaran Sosial Emosional berdasarkan kerangka CASEL yang bertujuan mengembangkan 5 (lima) Kompetensi Sosial dan Emosional (KSE) yaitu: kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, keterampilan berelasi, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab. 3. Penjelasan tentang kesadaran penuh (mindfulness) sebagai dasar dalam penguatan 5 (lima) Kompetensi Sosial Emosional (KSE). 4. Empat indikator dalam implementasi pembelajaran sosial emosional di kelas dan sekolah, yaitu: pengajaran eksplisit, integrasi dalam praktek mengajar guru dan kurikulum akademik, penciptaan iklim kelas dan dan budaya sekolah, dan penguatan PSE Pembelajaran Sosial dan Emosional pendidik dan tenaga kependidikan (pendidik dan tenaga kependidikan) di sekolah.


Apa itu mindfulness dan manfaatnya?

Mindfulness adalah cara untuk membimbing pikiran Anda kembali fokus pada masa kini dan realita yang sedang Anda rasakan dan hadapi. Dengan latihan berkali-kali, Anda akan dapat membuat pikiran Anda tetap diam di saat ini. Hal ini dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan secara signifikan.

Manfaat mindfulness

Mindfulness adalah cara yang membantu Anda dalam menghadapi masalah dalam kehidupan sehari-hari, entah itu dalam bentuk pekerjaan, hubungan, atau sosial secara keseluruhan. Beberapa manfaat mindfulness, di antaranya:

1. Menghilangkan stres

Mindfulness merupakan suatu bentuk perhatian tanpa menghakimi. Hal itu memungkinkan Anda untuk mengistirahatkan pikiran dan tubuh. Menjadi mindful membuat Anda fokus dan menghargai apa yang Anda miliki saat ini.

Tanpa disadari, Anda mungkin pernah bereaksi terhadap pikiran dan perasaan negatif. Berlatih mindfulness dapat membantu Anda menjadi lebih sadar akan pikiran dan perasaan, serta mengelolanya dengan cara yang lebih positif. Mengontrol pikiran dan perasaan dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

2. Meredakan rasa sakit

Jika Anda sedang berjuang melawan rasa sakit pada pinggang, leher, atau anggota tubuh lainnya, sebagian rasa sakit tersebut dapat diredakan dengan mindfulness.

Fakta tersebut diperkuat dengan penelitian dalam Journal of Neuroscience yang menemukan bahwa hanya dengan 80 menit melakukan mindfulness dapat meredakan rasa sakit hampir setengahnya.

3. Meningkatkan suasana hati

Melakukan mindfulness menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam suasana hati dan memori kerja, yang memungkinkan untuk pengambilan keputusan dan penyimpanan informasi.

Para peneliti juga mengamati bahwa berlatih mindfulness memungkinkan Anda untuk tetap tenang dan tidak emosional dalam menghadapi masalah apa pun.  

4. Mencegah gangguan kognitif

Telah dijelaskan sebelumnya, jika mindfulness bermanfaat untuk mengurangi stres. Mindfulness secara tak langsung juga dapat memperlambat perkembangan gangguan kognitif yang berkaitan dengan usia, seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

Dalam sebuah penelitian, pasien Alzheimer yang melakukan mindfulness melaporkan adanya peningkatan kesejahteraan yang lebih baik dan membantu mempercepat pemulihan.

5. Meningkatkan kreativitas

Dua faktor utama yang menentukan tingkat kreativitas adalah pemikiran berbeda yang ditandai dengan munculnya banyak ide, dan pemikiran bersama yang berarti memantapkan ide-ide itu menjadi satu konsep yang cemerlang.

Menerapkan mindfulness secara signifikan dapat meningkatkan kreativitas melalui pemikiran-pemikiran tersebut.

6. Mengurangi rasa kesepian

Kesepian memang sering kali mengganggu. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena dengan berlatih mindfulnessperasaan kesepian akan berkurang, ditambah dengan meningkatnya rasa kasih sayang dan kesabaran sehingga Anda akan memaknai hidup dengan lebih bahagia dan bersyukur.

7. Meningkatkan kepuasaan hubungan cinta

Menurut American Psychological Association (APA), mindfulness dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk merasakan kepuasaan dalam hubungannya dengan kekasih.

Sebab, mindfulness dapat membantu seseorang untuk menghadapi rasa stres dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam hubungan.

Masih menurut APA, manfaat mindfulness juga dinilai ampuh dapat meredakan perasaan stres akibat konflik dalam hubungan.

Mindfulness membutuhkan banyak Latihan latihan dan usaha. Jangan lupa juga untuk selalu bersabar karena ini adalah proses yang membutuhkan waktu. Tanpa mencobanya, kita tidak akan pernah bisa.

Komentar