1.1.a.8. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1

 Hanya belajar, dan mencatat 

Nama Hati Nurahayu dari SMP Plus Al-Amanah 

1.1.a.8. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1

FILOSOFI KI HADJAR DEWANTARA 
Modul 1.1. 


Assalamu'alaikum sahabat Semua...

Perkenalkan nama saya Hati NUrahayu  yang sedang belajar di CGP 7 Kabupaten Bandung, LMS 26.

Di laman ini saya akan mengemukakan tentang FIlosofi Ki Hadjar Dewantara yang banyak sekali  saya dapatkan dan menjadi motivasi untuk memperbaiki diri sebagai guru.


Dalam Filosofi  Ki Hadjar Dewantara, titik awal kita menjadi agen perubahan  dan pemimpin pembelajaran dalam transformasi pendidikan di sekolah. 

Tujuan khusus dan umumnya dapat sahabat amati  gambar di atas.


Pendidikan sebagai Tempat Persemaian Benih-benih Kebudayaan Masyarakat 






PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN SATU KESATUAN YANG TAK DAPAT DIPISAHKAN UNTUK MELAKUKAN PERUBAHAN DI ZAMANNYA

Hal yang saya lakukan untuk anak didik saya 

Memberikan pembelajaran sesuai dengan minat dan  bakat di materi yang sedang kita ajarkan. Sesuai kodrat alam dan zamannya.
Dalam hal ini saya berusaha  menggunakan fasilitas yang mereka sukai dalam melakukan pembelajaran. Misalnya dengan menggunakan apliikasi tiktok, untuk mengimbangi penggunaan media yang mereka ikuti dengan diberikan hal yan positif sehigga mereka bisa mengambil manfaat dan memanfaatkan fasilitas yang ada di zamannya. 

Saya melakukan pembelajaran di tiktok  di kelas dan  terkadang di luar kelas, berikut beberapa tik tok yang memberikan pembelajaran bagi anak didik saya di materi sistem peredaran darah, dengan berkomentar memberikan jawaban atas pertanyaan dari video yang dipublish.

Di kelas siswa dilatih belajar berani menjawab , dan diberi kesempatan  yang tidak memahami untuk di bimbing  dan dibantu temannya menjawab  pertanyaan sains.


Presentasi  apa yang mereka pahami, menerapkan siswa belajar berani di mana guru menjadi  motivator bagi siswanya .

Pembelajaran dengan menggunakan media  yang ada di sekitar mereka dan menyenangkan. Di mana siswa  mengikuti pembelajaran dan mengidentifikasi  nutrisi makanan dengan membeli saat pembelajaran dan mengidentifikasi serta manfaat buat  tubuh mereka.  pembelajaran yang menggunakan  sekitar dan mereka sukai hingga mudah dipahami. Berikut Tiktok kegiatannya


Saya berusaha membantu mereka dalam kegiatan ekstrakurikuler, terutama siswa KIR yang dibimbing melalui karya tulis ilmiah dan non ilmiah yang akan menjadi modal keterampilan mereka di masa yang akan datang. 


https://www.tiktok.com/@hatinurahayu/video/7229833612164697370?is_from_webapp=1&sender_device=pc&web_id=7215663712681330177 

Bersama dengan rekan kerja membangun filosofi KHD di sekolah kami.




Terimakasih, semoga bermanfaat, Maaf bila gak tepat dalam pemaparan.






Komentar