BAGAIMANA MANUSIA TERGERAK

 


 A. BAGAIMANA MANUSIA TERGERAK

Pertanyaan pemandu: Apa saja hal yang bekerja secara alami pada diri seorang manusia dan mempengaruhi bagaimana manusia dalam berperilaku?

Silahkan tuangkan jawaban Anda pada kolom NOTES yang ada dibagian YOUR NOTES AND QUESTIONS!

Jawaban saya sebagai CGP

Perilaku adalah serangkaian tindakan yang dibuat oleh individu, organisme, sistem, atau entitas buatan dalam hubungannya dengan dirinya sendiri atau lingkungannya, yang mencakup sistem atau organisme lain di sekitarnya serta lingkungan fisik. Wikipedia

Perilaku adalah tindakan atau aktivitas dari manusia itu sendiri yang mempunyai bentangan yang sangat luas antara lain : berjalan, berbicara, menangis, tertawa, bekerja, kuliah, menulis, membaca, dan sebagainya. Dari uraian ini dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud perilaku manusia adalah semua kegiatan atau aktivitas manusia, baik yang diamati langsung, maupun yang tidak dapat diamati oleh pihak luar (Notoatmodjo, 2003).


Perilaku juga diartikan sebagai suatu reaksi psikis seseorang terhadap lingkungannya, reaksi yang dimaksud digolongkan menjadi dua, yakni :

§   Bentuk  pasif (tanpa tindakan nyata atau konkrit) 

§   Bentuk  aktif (dengan tindakan konkrit)

 Faktor- faktor yang mempengaruhi perilaku manusia : (1) Genetika; (2) Sikap adalah suatu ukuran tingkat kesukaan seseorang terhadap perilaku tertentu; (3) Norna sosial adalah pengaruh tekanan sosial; (4) Kontrol perilaku pribadi adalah kepercayaan seseorang mengenai sulit tidaknya melakukan suatu perilaku.

       Perilaku dalam psikologi:

             Menurut ensiklopedia Amerika

Perilaku dapat diartikan sebagai suatu aksi di mana dalam reaksi organisme terhadap lingkungan, dalam hal ini juga berarti adanya sebuah perilaku baru yang akan terwujud bila ada sesuatu tanggapan atau rangsangan dengan demikian maka suatu rangsangan tertentu juga dapat menghasilkan sebuah perilaku tertentu. Dalam hal ini dikemukakan oleh Roberts Y.Kwick (1972)


Perubahan perilaku

Dalam teknik perubahan perilaku terdapat beberapa hal yang perlu dihubungkan dengan pengaruh hubungan di antara organisasi dan juga dengan psikologis lingkungan, dimana dalam hal ini ini akan berpengaruh pada biologis dan intrapsikis seseorang. Yang dimaksud disini adanya adanya sebuah proses dan juga kekuatan mental atau psikologis yang mendasari dari kehidupan perilaku tersebut.

Perilaku menurut saya sebagai CGP suatu   respon atas informasi yang diterimanya, hasil apa yang telah dia pikirkan baik buruknya untuk memberikan respon kepada pemberi rangsangan yang diterima alat indera seseorang. dan hal itu berkaitan dengan  kebiasaan, wawasan, dan kepribadian seseorang untuk memberikan reaksi..

Faktor yang mempengaruhi perilaku

Dalam ilmu psikologis dan juga perkembangan, terdapat beberapa faktor- faktor yang berperan penting terhadap perilaku manusia itu sendiri yang berkaitan dengan teori dan konsep perilaku dalam psikologi tadi. Diantaranya:

1. Faktor biologis. Dalam faktor ini perilaku manusia akan sangat mempengaruhi dan juga dengan situasi serta lingkungan dimana dia berada. 

2. Faktor sosiopsikologis. Dalam faktor ini terdapat sebuah komponen emosional dari kehadiran faktor sosiopsikologis pada seseorang. 

3. Sikap

Sikap juga sangat mempengaruhi perilaku seseorang, di mana di dalamnya terdapat tingkah laku atau tindakan seseorang, persepsi da juga cara berfikir seseorang yang di dalam dirinya merasa bahwa apa yang telah dilakukannya akan berkaitan dengan sebuah situasi dan juga nilai yang ada di dalam dirinya.

4. Faktor emosi

Hal yang satu ini akan berpengaruh pada tingkah laku atau perilaku seseorang. Dimana faktor emosi ini lah yang membuat mood mempengaruhi segala hal yang kita lakukan. 

5. Komponen kognitif

Untuk faktor yang satu ini akan berkaitan dengan sebuah kepercayaan seseorang, di mana komponen kognitif dalam sikap merupakan sesuatu hal yang ada di dalam keyakinan, serta sesuatu yang membuat kita membenarkan atau tidak membenarkan. 

B.     Jenis Perilaku Manusia

Perilaku manusia itu dibedakan menjadi dua, yaitu:

a.    Perilaku yang refleksi adalah perilaku yang terjadi atas reaksi secara spontan terhadap stimulus yang mengenai organisme tersebut. Perilaku ini terjadi dengan sendirinya, secara otomatis. 

b.    Perilaku yang non-refleksi. Perilaku ini dikendalikan atau diatur oleh pusat kesadaran atau otak. Dalam kaitan ini stimulus setelah diterima oleh respon kemudian diteruskan ke otak sebagai pusat syaraf, pusat kesadaran, baru kemudian terjadi respon melalui efektor.

Pada perilaku manusia, perilaku psikologis inilah yang dominan, perilaku yang banyak pada diri manusia, dan adanya perilaku yang refleksif.

C.   

       Pembentukan Perilaku Manusia

Cara pembentukan perilaku sebagai berikut:

a.    Cara pembentukan perilaku dengan kondisioning atau kebiasaan

Dengan cara membiasakan diri, seorang dapat berperilaku seperti yang diharapkan sesuai kebiasaan. Misal: anak dibiasakanbangun pagi, atau menggosok gigi sebelum tidur, mengucapkan terima kasih bila diberi sesuatu oleh orang lain, membiasakan diri untuk tidak datang terlambat disekolah dsb. 

b.    Pembentukan perilaku dengan pengertian (insight)

Perilaku ini atas dasar pengertian dari dalam diri seseorang dan kesadarannya. Kerena dengan begitu, maka tercapailah pembentukan perilaku dengan pengertian. Misal datang kuliah jangan sampai terlambat, karena hal tersebut dapat menganggu temen-temen lain. 

c.    Pembentukan perilaku dengan menggunakan model

Model pembentukan ini sebagai contoh atau peranan terpenting atau menjadi patokan dalam seseorang yang bisa di tiru oleh bawahannya atau anggotanya. Misal orang tua biasa sering menjadi sebagai contoh anak-anak, pemimpin sebagai panutan yang dipimpinnya, ketua kelas menjadi patokan dalam mengetuai dsb.   


Hanya sebagai contoh, seseorang melakukan tindkan  misalkan merokok brsama kawannya karena  terbiasa dengan temannya. Namun untuk memperbaiki memerlukan proses kesadaran dan  setiap orang memiliki hak untuk memperbaiki perilaku yang tidak tepat atau salah. Guru hanya membantu mengarahkan siswa. 


Terimakasih mohon maaf bila tidak tepat menjawab

          

Komentar