Cara kerja otak: Sistem berpikir cepat dan lambat, Modul 1.2. Eskalator dan Kerja Otak

 

Cara kerja otak: Sistem berpikir cepat dan lambat


Sumber materi Modul 1.2 

Pada bagian ini, saya  akan belajar bagaimana otak mempengaruhi bagaimana manusia tergerak melalui sebuah video pendek berjudul “Eskalator dan Kerja Otak”. Video ini berupaya menjelaskan bagaimana otak bekerja dalam dua sistem berpikir yang berbeda, yaitu berpikir cepat dan berpikir lambat melalui perumpamaan eskalator yang berjalan turun. Video ini juga membahas bagaimana otak “3-in-1 (Triune)” manusia bekerja.



Hasil pengamataran saya sebagai CGP:
 ESKALATOR DAN KERJA OTAK
ADA DUA SISTEM BERPIKIR CEPAT DAN LAMBAT

Dapat mempengaruhi sikap kita:
Otak di manusia masih tertinggal  ada yang serupa  Otak Reptil, Otak Primata yang terhubung Otak luhur  Manusia.

Daniel Kahneman
Berpikir cepat : Otak reptil dan mamalia, untuk menghemat energi yang bekerja di bawah sadar hingga meminimalisasikan energi manusia.
Berpikir lambat: Lambat oleh otak primata dan otak luhur manusia. Bekerja bagaikan naik yang bekerja turun, sehingga memerlukan energi yang cepat.

Kerja berpikir memerlukan energi yang lebih tinggi.
Bagaimana kita menyikapinya? mengelola penggunaan dengan sengaja.

Dalam hal ini menurut saya sangat memelukan strategi, kapan kita harus bertindak cepat dan lambat dalam menyikapi suatu permasalahan. mendahulukan yang prioritas dan bijaksana akan apa yang akan kita lakukan dalam menyelesaikan suatu  pekerjaan atau permasalahan yang dihadapi. untuk menghemat energi dan efektivitas waktu.

Begitu pula di dalam pembelajaran yang harus kita tanamkan kepada anak didik bagaimana cara megelola tindakan di kelas atau yang disebut dengan pembelajaran yang efektif dan bermakna.



Komentar