Perumpamaan Otak 3-in-1 (Triune) Manusia Menggunakan Tangan

 Bismillah, Hati Nurahayu sedang Belajar. CGP 7, sumber LMS  dan modul 1.2.

Perumpamaan Otak 3-in-1 (Triune) Manusia Menggunakan Tangan





Siapakah Guru?

Guru adalah seorang pengajar suatu ilmu. Dalam bahasa Indonesia, guru umumnya merujuk pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. (Wikipedia)

Guru adalah manusia yang senantiasa berusaha untuk menggerakkan manusia lainnya. Oleh karena itu, guru harus lebih dulu sadar bagaimana dirinya tergerak, kemudian mempengaruhi dirinya untuk bergerak. (LMS 26)

Emosi itu apa?

Emosi adalah bagian utama dari lingkungan yang sifatnya psikis dan intrinsik yang dapat dipengaruhi dan harus dipertimbangkan pengembangannya oleh guru. 

Emosi adalah perasaan intens yang ditujukan kepada seseorang atau sesuatu. Emosi juga merupakan reaksi terhadap seseorang atau kejadian. Emosi dapat ditunjukkan ketika merasa senang mengenai sesuatu, marah kepada seseorang, ataupun takut terhadap sesuatu. (Wikipedia)

Peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran pada jalur pendidikan baik pendidikan informal, pendidikan formal maupun pendidikan nonformal, pada jenjang pendidikan dan jenis pendidikan tertentu. Wikipedia

Hubungan Emosional Guru dan Murid
Menjalin hubungan emosional antara guru dan siswa sangatlah penting. Hubungan emosional yang baik dan harmonis akan berdampak positif dalam proses belajar mengajar. Termasuk pada hasil akademik siswa. Selain itu, hubungan harmonis antara guru dan siswa, juga akan meningkatkan kompetensi sosial siswa.


Dalam rangkaian modul Pendidikan Guru Penggerak aspek emosi akan dibahas tersendiri dengan lebih detail dalam modul Pembelajaran Sosial Emosional. (LMS 26)

Terimakasih, Maaf bila banyak kekurangan  penulisan.

Komentar