Kegiatan-kegiatan Pendalaman Keyakinan Kelas (1)
1. Kegiatan Tampak Seperti/Tidak Tampak SepertiAnggota kelas dibagi menjadi beberapa kelompok, dan setiap kelompok diberikan kertas. Salah satu anggota kelompok membuat huruf T kapital yang besar (Tabel T). Guru memberikan salah satu ‘keyakinan kelas’ kepada setiap kelompok. Dua kelompok bisa mendapatkan keyakinan yang sama bila ada 10 kelompok. Selanjutnya setiap kelompok diminta untuk bercurah pendapat tentang keyakinan tersebut, tampak seperti apa, tampak tidak seperti apa. Kemudian hasil curah pendapat setiap kelompok dipresentasikan pada kelompok besar, dan kertasnya ditempel di sekeliling dinding kelas untuk dapat dilihat setiap warga kelas agar menguatkan pemahaman.
2. Kegiatan Tugas Saya-Tugas
Kamu (Tugas Guru-Tugas Murid)
Salah satu kegiatan lain yang dapat dilakukan untuk
memperdalam keyakinan kelas, adalah mempelajari tanggung jawab setiap warga
kelas. Keyakinan bertanggung jawab serta hak seseorang adalah sesuatu yang
diungkapkan oleh Ki Hadjar Dewantara tentang menumbuhkan murid yang merdeka:
“...beratlah kemerdekaan itu! bukan hanya tidak terperintah saja,
akan tetapi harus juga dapat menegakkan dirinya dan mengatur perikehidupannya
dengan tertib. dalam hal ini termasuklah juga mengatur tertibnya perhubungan
dengan kemerdekaan orang lain (Ki Hadjar Dewantara, buku kuning, hal.4.)
Komentar
Posting Komentar