- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
https://docs.google.com/document/d/1zWuFyfDdw1DLUiQe1VPQ3DqHsWCTzwFxfo-JmyPftmY/
TRAPESIUM USIA
Apa peristiwa positif dan negatif yang saya tuliskan di sana?
Positif : senang melakukan hal yang baik dan bermanfaat buat orang lain saat masih kecil hingga besar. Negatif: belum berbesar hati dalam setiap menerima hal yang bertentangan dengan orang lain,.
Selain saya, siapa lagi yang terlibat di dalam masing-masing peristiwa tersebut?
Yang terlibat Ustadz, ayah selalu memberi tantangan bagi saya, ibu yang memiliki peran, ada Teman masa kecil yang selalu menjadi terbaik di kelasnya walau sahabat kadang jahilnya atau bully itu ada. Mungkin itu gak dia rasa.
Dampak emosi apa saja yang saya rasakan hingga sekarang?
Perasaaan saya mulai dari Gembira, terkesima , Senang dan Optimis .
Mengapa momen yang terjadi di masa sekolah masih dapat saya rasakan dan masih dapat memengaruhi diri saya di masa sekarang?
Karena momen itu akan memberikan gambaran buat kita akan jalannya sebuah kehidupan masa kecil hingga sekarang. Banyak bersyukur kita dapat menghadapinya dan diberi kekuatan oleh Allah Ta’ala atas ragam kehidupan yang dialami. Hal itu akan menjadi bahan bagi saya bagaimana memahami, mencoba memberi solusi bila ada anak didik mengalami permasalahan yang mereka hadapi dengan bijaksana dan menjadi solusi terbaik buat masa deoan mereka secara bertahap dan berkelanjutan.
Pelajaran hidup apa yang saya peroleh dari kegiatan trapesium usia dan roda emosi, terkait peran saya sebagai guru terhadap peserta didik saya?
Peran hidup dari roda kehidupan, adanya watu tertentu yang tidak ada dalam scenario kita malah terjadi, namun tetap kita merencanakan dan berusaha melewati tahapan usia yang dihadapi. Peran saya sebagai guru mencoba memahaami dan mencari solusi dalam mengendalikan emosi walau beragam permasalahan yang saya hadapi, namun tetap kita belajar menanajemen sikap dan berbesar hati dalam segala lika liku di kehidupan yang harus di bantu juga kepada anak didik.
Bagaimana saya menuliskan nilai-nilai yang saya yakini sebagai seorang Guru, dalam 1 atau 2 kalimat menggunakan kata-kata: "guru", "murid", "belajar", "makna", "peran"? Guru memiliki peran dalam menyampaikan pesan yang bermakna saat terjadi proses belajar pada murid.
1. Apa nilai-nilai dalam diri saya yang membantu saya menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya?
Nilai dalam diri saya, saya senang belajar hal baru. Saya ingin terus melakukan perubahan yang lebih baik dan terus bergerak dalam berbagai lini yang dapat saya jangkau dengan penuh rencana, dan tindakan, evaluasi dan refleksikan hingga dapt menjadi lebih baik dan maju.
Bagai mana melakukan gerakan Berdaya Cipta pada kalangan murid, rekan guru , dan komunikasi ke sekolah yang dilakukan dengan baik dengan mengikatkan atau kolaborasi dengan ragam visi misi yang ada.
2. Apa peran yang selama ini saya mainkan dalam menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya?
Peran saya sebagai Pembina Ekstrakurikuler KIR yang akan membantu anak didik berdaya cipta, dalam ragam aspek; Rekan Guru: sebagai rekan yang membantu memotivasi mereka memahami segala bentuk kelengkapan guru dalam belajar; Komunitas Sekolah: mencoba memberikan kebermanfaatan dan satu tujuan dalam membangun sekolah dari gerakan sederhana berdaya cipta yang saya kembangkan.
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar